Foto Produk butiqaisyah.com

Assalamualaikum sahabat butiqaisyah.com

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana butiqaisyah.com membuat foto-foto produknya.

Kita mulai ya..

Supplier-supplier butiqaisyah.com rata-rata adalah produsen-produsen yang tidak membuat sendiri katalog produknya dengan alasan yang beragam. Ada yang tidak sempat karena model yang dibuat sangat banyak ragamnya, atau tidak punya sarana yang memadai untuk membuat foto produk. Ada pula yang karena memproduksi dengan jumlah yang terbatas, biasanya dilakukan oleh produk-produk dengan merk eksklusif.

Karena alasan-alasan tersebut, dan karena butiqaisyah.com adalah toko busana muslim yang hanya menjual secara online, maka foto produk adalah mutlak bagi kami.

Karena kebutuhan itu, saya khususnya, belajar dan banyak mengamati foto-foto produk dari online shop lain yang sekarang ini semakin banyak menjamur. Selain itu, saya juga mengamati foto-foto dari majalah fashion, web fashion ternama dan hasil jepretan para fotografer.

Saya amati semua aspek yang ada di dalam sebuah foto. Sudut pengambilan, cara mengambil fokus, background, lighting, warna dan lain sebagainya.

Dari pengamatan tersebut kemudian sedikit-sedikit saya praktekkan, trial and error. Salah, coba lagi, salah lagi, coba lagi. Begitu seterusnya sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Untuk foto produk butiqaisyah.com, ada satu pakem yang saya pegang, yaitu, warna di foto harus sama dengan warna aslinya. Karena warna sangatlah krusial bagi toko online seperti butiqaisyah.com, mengingat foto adalah satu-satunya media kami untuk menawarkan produk kami ke konsumen. Apa yang kami tawarkan di foto adalah benar seperti keadaan sebenarnya.

Untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan asli ternyata tidak semudah mengambil fokus dan jepret. Efek cahaya, sudut pengambilan, jarak kamera pun memegang peranan penting.

Berarti, kamera dan peralatan yang digunakan harus lengkap dan canggih?

Hehe.. Tidak juga kok. Saya termasuk fallout clockorang yang praktis, ingin segera mendapat hasil tanpa harus hunting peralatan dari toko ke toko, apalagi harus mengeluarkan dana besar.. No no no.. Manfaatkan apapun yang kita punya semaksimal mungkin.

Berikut ini perlengkapan yang saya gunakan untuk foto-foto produk butiqaisyah.com

1. Samsung Galaxy Grand keluaran pertama IMG-20150422-WA0012_20150422232109343(bukan bermaksud untuk iklan ya..). Smartphone ini mempunyai kamera belakang yang cukup mumpuni, yaitu 8 MP (wow.. takjub sendiri, baru tahu lagi setelah browsing spec barusan.. hehe..). Kenapa saya pakai smartphone ini? Karena smartphone ini lah alat kerja saya, mulai dari kontak ke supplier, ambil foto, upload, share ke sosial media, terima order, sampai cek resi pengiriman. All in one lah.

2. Cahaya matahari jam 9 – 11 (spot foto di arah timur) atau jam 14 – 16 (spot foto di arah barat). Kenapa saya gunakan waktu-waktu tersebut? Karena di jam tersebut sinar matahari sangat terang. Pas sekali untuk foto-foto.. (kalau gak sedang mendung yaa.. :D)

3. Selain sinar matahari, saya menggunakan tambahan lampu untuk menambah sebaran cahaya. Lampu yang saya gunakan bukan lampu khusus seperti yang digunakan fotografer profesional lho.. Saya cukup menggunakan lampu ruangan saja.

20150221_124647

4. Jendela kaca dengan tirai vitrase. Tirai vitrase mampu menyebarkan cahaya, sehingga cahaya yang masuk menjadi lebih lembut dan lebih luas sebarannya.

20150221_124622

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Background warna terang. Untuk produk-produk jilbab dan aksesoris, saya menggunakan kerudung berbahan paris warna putih gading sebagai background khas butiqaisyah.com. Warna putih membuat background lebih netral, sehingga warna dan motif produk jadi lebih menonjol. Warna putih juga membantu memberikan tambahan pantulan cahaya ke kamera, menghasilkan cahaya yang lebih terang lagi.

20150221_124736

Untuk produk yang ukurannya lebih besar, seperti pakaian dan mukena, saya menggunakan manekin dengan background dinding warna putih gading. Saya akui foto untuk produk-produk ini masih kurang maksimal hasilnya, mengingat bidang putih di tempat saya yang memungkinkan terkena cahaya terbilang sangat kecil.

Selain warna putih, sesekali saya juga menggunakan background lain. Pilihan saya jatuh pada kayu. Background kayu cocok untuk beberapa produk yang harus menonjolkan kesan etnik dan natural. Pilih kayu dengan pola serat tegas, agar kesan natural dan etnik yang ingin ditonjolkan dapat tercapai maksimal.

Setelah hasil foto terlihat cukup dari sisi pencahayaan, warna sama seperti aslinya, detail terlihat, jadilah foto tersebut saya upload ke laptop mungil saya. Sesuaikan ukuran foto dengan ukuran standar yang kita buat untuk website kita. Resize, kemudian upload ke website sebagai foto produk.

Satu lagi pegangan yang menjadi standar foto produk butiqaisyah.com, yaitu menghindari editing lain selain mengubah ukuran. Terutama meng-edit warna amat sangat dihindari. Editing untuk penambahan cahaya pernah dilakukan karena cuaca yang kurang mendukung sampai lebih dari 1 minggu. Penambahan juga dilakukan secukupnya sampai warna di foto sudah seperti warna asli produk.

Itu saja sharing saya kali ini. Sederhana memang. Kalau bisa dilakukan dengan mudah kenapa harus cari yang rumit kan?

Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi untuk sahabat atau paling tidak jadi tahu kan proses dibalik foto-foto produk di butiqaisyah.com.

Terus belajar untuk mencapai kesempurnaan.

Salam sukses, wassalamu’alaikum.

– Melani –

IMG-20150212-WA0014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *